5 Kekuatan Militer Terkuat Di Dunia

http://www.infoanehdunia.com/2017/07/5-kekuatan-militer-terkuat-di-dunia.html
Efektivitas kekuatan militer menjadi persoalan yang sangat penting dalam membangun kekuatan negara yang di mana hal ini akan terukur dari kekuatan maximum combat power. Dalam tradisi realisme, suatu negara harus memiliki kekuatan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan negara yang dianggap berpotensi mengganggu kepentingan nasionalnya. Karena,tidak ada suatu negara pun yang bisa menjamin menjamin bahwa negara lain tidak akan menggunakan kapabilitas kekuatan militer, baik dengan negosiasi politik ataupun diplomasi dan perang, demi mencapai kepentingan nasionalnya.

Oleh karna itu Beberapa negara di dunia bahkan berlomba-lomba menjadi yang terkuat di bidang ini.Selama beberapa lama, jika diukur dari beberapa faktor seperti, personel aktif, jumlah alutsista dan APBN untuk militer, Amerika Serikat berada di nomor satu dalam beberapa dekade terakhir hingga saat ini. Meskipun sekarang ini amerika tidak lagi memegang julukan negara adidaya kekuatan militer AS tetap yang paling besar di planet ini. Tapi ternyata, Amerika serikat tidak melenggang sendirian di puncak.Negara lain seperti China dan Rusia perlahan mulai 'membayangi'.

Dilansir dari global firepower berikut adalah daftar5 negara yang mempunyai kekuatan militer terbesarjika dilihat dari segi kuantitas alutsista, jumlah prajurit dan dana yang dihabiskan untuk membangun kekuatan angkatan bersenjata nya.

1. Amerika

http://www.infoanehdunia.com/2017/07/5-kekuatan-militer-terkuat-di-dunia.html
Jelas sampai saat ini detik ini kekuatan militer Amerika Serikat masih menduduki ranking nomor satu dalam segi kekuatan militer. Fakta ini sekaligus menunjukkan, kekuatan militer AS masih merupakan yang terkuat di dunia. Kekuatan terbesar dunia itu dinilai dari banyaknya kekuatan udara yang dimiliki dan Juga tank-tank tempur lapis baja, kapal induk, kapal selam, dan rudal nuklir AS saat ini tercatat memiliki 10 unit kapal induk, 72 kapal selam, serta 10 ribu pesawat tempur. Sampai sekarang pun alutsista Amerika serikat adalah alustita terbanyak di planet ini yang dimiliki suatu negara. Anggaran belanja militer tahun 2016 lalu mencapai 601 miliar dolar AS.

2. Rusia

http://www.infoanehdunia.com/2017/07/5-kekuatan-militer-terkuat-di-dunia.html
Urutan kedua kekuatan militer terbesar di dunia dipegang oleh Rusia.Negeri beruang merah ini punya tank dengan jumlah terbesar di planet ini. Rusia memiliki 766.055 tentara aktif dan menyimpan 2,48 juta kekuatan cadangan,dari jumlah itu, 47 juta warganya juga dinilai memenuhi syarat untuk mengikuti dinas militer. Namun dari sisi jumlah alutsista militer Rusia masih menduduki nomor dua.Sejauh ini rusia telah mengoperasikan 15.398 unit tank, 31.928 unit kendaraan tempur lapis baja, 5972 unit artileri swagerak dan 3793 unit sistem peluncur roket dan rusia juga di ketahui memiliki 4625 artileri berbagai jenis.Meski Rusia hanya memiliki 3.547 pesawat di seluruh cabang kemiliteranyang terdiri atas 751 pesawat tempur dan 1438 unit pesawat serbu, dan 478 unit helikopter tempur dan juga angkatan lautnya hanya memiliki satu kapal induk plus 63 kapal selam, 4 kapal frigat, 15 unit kapal perusak, dan 81 unit kapal korvet. Tapi soal Jumlah rudal nuklir Rusia memang masih di atas AS. Anggaran militernya pun jauh di bawah AS, sekitar USD76.6 miliar.

3. China

http://www.infoanehdunia.com/2017/07/5-kekuatan-militer-terkuat-di-dunia.html
 Urutan ketiga kekuatan militer dunia masih diduki China.Kekuatan militer negeri Tirai bambu ini sangat berkembang pesat dalam satu dekade terakhir ini.Perkembangan nya  terjadi di dalam bidang jumlah dan kemampuan,Satu dekade terakhir ini pun china melakukan terobosan dengan membuat modernisasi alutsista Dan menjadi negara dengan anggaran pertahanan tertinggi kedua di dunia di belakang amerika serikat.Tank-tank tempur lapis baja yang dimiliki militer China sebanyak 9.150 unit,pesawat tempurnya berjumlah 2.788 unit.

Serta rudal nuklirnya 250 unit dan diperkuat oleh 69 kapal selam. Angkata laut China memang baru mengoperasikan satu kapal induk tapi kekuatan total personel tempurnya tergolong mengerikan.Pasalnya, berkekuatan nyaris 750 juta orang yang semuanya terlatih baik.

Saat ini tentara china yang aktif dan siap berada di garis depan jika ada pertempuran sebanyak 2.330.000 personil, untuk menyokong kekuatan militernya, China menggelontorkan dana hingga 188 miliar dolar AS.

4. India

http://www.infoanehdunia.com/2017/07/5-kekuatan-militer-terkuat-di-dunia.html
Saat ini India memiliki 1.325.450 personel tentara dan 1.155.000 personel cadangan.Jika ditambah dengan personil paramiliter yang berkekuatan 2.288.407 personil (aktif dan cadangan) maka jumlah total tentara India berjumlah 4.768.857 personil tentara, Bersama dengan china, dan amerika. Negara india memiliki tentara laki laki paling banyak di planet ini. Pesawat-pesawat tempur yang dimiliki militer India sebanyak 1.785 unit, tank sebanyak 3.569 unit, 100 rudal nuklir, dua kapal induk, 17 kapal selam. Lebih menakutkan nya lagi Dengan dua kapal induk aircraft carrier yang nama kapal nya INS Vikrant & INS Vikramaditya dan satu kapal selam berkemapuan serang nuklir yang bernama  INS Chakra serta ratusan kapal perang lain dari berbagai tipe dan ukuran cukup menggetarkan negara lain yang ingin berbuat macam-macam dengan negeri sejuta dewa ini dan anggaran belanja militer negara ini sebanyak 46 miliar dolar AS. Di perkirakan negara ini pada tahun 2020 akan masuk dalam 4 besar militer terbesar di dunia.

5. Inggris

http://www.infoanehdunia.com/2017/07/5-kekuatan-militer-terkuat-di-dunia.html
Sementara urutan nomor lima kekuatan militer dunia dipegang oleh Inggris, Dari jumlah tank, pesawat tempur, kapal induk, dan kapal selam, Inggris ternyata masih berada di bawah India. Ini Ironis mengingat Sejarah dunia menoreh bahwa India dulu pernah menjadi jajahan Inggris.Tapi peringkat kekuatan militer Inggris akan meningkat lagi jika mampu memproduksi 225 rudal nuklir dan 11 kapal selam.Tapi anggaran belanja militernya sebanyak 53.6 miliar dolar AS, yang berarti anggaran belanja militer nya lebih tinggi dibandingkan anggaran belanja militer India.

Itulah 5 negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia,Untuk urutan sepuluh besar, yaitu urutan ke 6 hingga 10 ditempati oleh Prancis, Jerman, Turki, Korea Selatan, dan Jepang. Terus Bagaimana dengan negara tercinta kita Indonesia ? Global Firepower Index menempatkan Indonesia di posisi ke 14, tepat di bawah Pakistan dan di atas Brazil. Posisi ini masih lebih baik ketimbang Australia, Singapura, dan Malaysia. Pasalnya, ketiga negara itu kekuatan militernya selalu digembar-gemborkan lebih kuat dibandingkan kekuatan militer Indonesia.