5 Anggapan Tentang Puasa Yang Salah!

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-anggapan-tentang-puasa-yang-salah.html

Ada anggapan atau mitos , Kalau berpuasa bisa bikin tubuh kita jadi sakit. Belum lagi, ada juga yang mengatakan jangan berolahraga saat kita berpuasa. Apakah anggapan-anggapan atau mitos mitos itu benar ?

Biar ga salah kaprah, sebaiknya ketahui dulu mana yang benar dan mana yang salah supaya ibadah puasa kita bisa dijalani dengan optimal, dan produktivitas kerja pun tetap prima dan maksimal. Berikut Daftar 5 anggapan atau mitos tentang puasa.


1. Puasa Bisa Bikin Sakit

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-anggapan-tentang-puasa-yang-salah.html
Anggapan ini Salah. Memang, pada awal-awal puasa kita akan mengalami gejala yang 'mirip' orang sakit, seperti badan lemas, kepala pusing atau pening dan kadang menggigil. Sebaiknya kita jangan langsung nyerah gitu aja dan langsung membatalkan puasa kita, karena sebenarnya yang dialami itu adalah bagian dari cara tubuh kita beradaptasi dengan pola makan yang berbeda dari biasanya.

Sebaliknya, puasa malah baik untuk kesehatan kita. Asalkan puasa nya tidak lebih dari 14 jam, tubuh akan tetap sehat, prima dan aman selama masih mempunyai cukup cadangan energi. Karena selama proses puasa, Tubuh juga akan menjalani proses pembersihan.

Dengan mengistirahatkan proses pencernaan selama berpuasa, maka tubuh kita mempunyai energi untuk mengerjakan hal lain yaitu membersihkan tubuh dari toksin atau racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh. Setalah minggu pertama berpuasa terlewati, gejala yang mirip sakit akan mereda dan perlahan hilang, tubuh pun terbiasa dengan aktivitas puasa.


2. Sahur Tidak Sahur, Tetap Lapar Di Siang Hari

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-anggapan-tentang-puasa-yang-salah.html
Salah!  Sebaiknya kita jangan meninggalkan sahur, karena sahur sama kedudukannya dengan sarapan lebih dini, Tanpa sahur, kadar normal gula darah hanya sanggup bertahan 2 sampai 3 jam sejak bangun tidur. Setelah itu, simpanan sumber tenaga kita mulai menurun drastis.

Tapi Jika sahur dilakukan dengan cara yang benar, kalian jangan takut kelaparan di tengah hari bolong. Selama berpuasa, tubuh akan memakai energi cadangan , yang di ambil dari saat kita makan sahur, tapi patut di ingat jangan makan berlebihan saat sahur.

Batasi asupan makanan yang mengandung gula, yang bisa menyebabkan perut cepat terasa lapar. Biasakan makan sahur dengan makanan yang berimbang, yaitu, terdiri dari dari sumber karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan. 


3. Jangan Berolahraga Selama Berpuasa

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-anggapan-tentang-puasa-yang-salah.html
Ini juga Salah. Aktifitas fisik saat berpuasa sebaiknya jangan dikurangi,kalau tetap ingin berolahraga, kita pilih waktu menjelang berbuka puasa yaitu  (1 atau 2 jam sebelumnya) atau 2 atau 3 jam sesudahnya. Jadi Selama berpuasa disarankan tetap melakukan aktivitas olahraga, Tapi jangan juga aktivitas olahraga yang terlalu berat, lalu kenapa bisa olah raga saat puasa di sarankan ?

Karena Gerakan olahraga akan merangsang keluarnya hormon antiinsulin dalam tubuh yang antara lain berfungsi melepaskan gula darah dari "pabriknya". Sebaliknya, kalau tubuh kurang gerak apalagi yang suka mager atau malas gerak, tubuh bisa terasa lemas karna akibat kadar gula dibiarkan menurun drastis. Ini bisa membuat tubuh kita limbung, dan bisa menyebabkan
pingsan atau collapse.


4. Minum ES Biar Cepat Segar

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-anggapan-tentang-puasa-yang-salah.html
Anggapan yang Salah Banyak orang yang percaya kalau minum yang dingin-dingin ketika berbuka, maka tubuh kita akan langsung segar dan bugar. Kesannya ketika minum yang dingin tubuh akan jadi segar, tapi ternyata tidak demikian faktanya. Minum dingin saat kita habis berpuasa malah bisa bikin bahaya, bahaya nya jika kita minum air dingin atau air es saat berbuka puasa yaitu akan menimbulkan kontraksi lambung.

Kita harus tahu ini,  bahwa tubuh kita butuh air yang sesuhu dengannya agar bisa diserap dengan cepat. Makanya, minuman terbaik saat berbuka adalah yang hangat-hangat kuku, rekomendasinya air putih hangat.

Langsung minum dingin waktu kita lagi ga puasa saja emang dilarang kok, apalagi disaat perut kita kosong selama 12 jam langsung di hajar yang dingin, pastinya tubuh kita akan kaget. Ibarat nya gelas kaca yang tadi nya terisi air panas atau air hangat tiba tiba di masukan air dingin, bisa dipastikan gelas kaca itu akan retak.

Kalo memang udah ga tahan pengen minum air dingin, kita minum dulu yang hangat hangat kuku kasih jeda kurang lebih 5 - 10 menit barulah hajar minum es, karna setelah jeda ini kondisi perut kita akan kembali stabil.


5. Tidur habis Sahur Bisa Bikin Puasa Lebih Lancar

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-anggapan-tentang-puasa-yang-salah.html
Anggapan ini juga salah. Memang nikmat sekali kalo kita tidur sehabis sahur itu. Dan memang aktivitas tidur orang yang berpuasa adalah ibadah, tapi tidur yang bagaimana dulu  ? tapi Kalo tidur setelah sahur itu sangat tidak di sarankan, Tidur sehabis nyahur Ibaratnya kita nabung cadangan energi untuk nantinya kita beraktivitas setelahnya. Dan Banyak orang yang percaya akan mitos ini, padahal kenyataannya malah ber efek sebaliknya.

Tidur setelah sahur ternyata bisa membawa banyak masalah untuk tubuh kita. Tidur setelah sahur akan membuat tubuh mengalami banyak ketidaknyamanan, di mulai  dari perut mual dan nyeri karna gangguan asam lambung, karena ketika menyantap sahur makanan akan masuk  kedalam sistem pencernaan dan butuh waktu untuk lambung maupun bagian lainya untuk mencerna makanan tersebut, karena ketika seseorang terlentang setelah makan, proses pencernaan akan menjadi tidak lancar atau menjadi lama, akibatnya timbul rasa nyeri pada daerah sekitar ulu hati ataupun rasa panas dan tidak nyaman pada daerah tenggorokan seiring meningkatnya asam lambung.

karena nya para dokter menyarankan agar memberi jeda sekitar 2 jam setelah sahur kalo kita ingin tidur. Efek lain nya yang mengikuti adalah sakit kepala dan yang paling parah rentan stroke. Bukan Cuma itu, molor sehabis sahur justru bikin tubuh kita malah semakin lemas , bukannya menyimpan energi.


Itulah 5 mitos tentang puasa yang salah, hendaknya kita tidak melakukan hal-hal yang telah disebutkan diatas, mungkin masih ada dari kita yang tidak mengetahui hal tersebut dan tetap melakukan nya, semoga bermanfaat, terima kasih.