Teori Posthuman - Bagian Kedua

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-kedua.html
Organisme yang sudah bertransisi menjadi post human ini akan sangat berguna ketika manusia sudah bisa membangun peradaban di luar planet bumi, seperti contoh nya peradaban tata surya atau peradaban antar galaksi. Skenario ini mungkin terjadi pada beberapa dekade atau beberapa abad kedepan, tapi sains dan teknologi perdana nya sekarang sudah mulai tersedia, dan terus menerus di kembangkan,seperti contoh nya teknologi cybernetics.

1. Cybernatics


http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-kedua.html
Cybernetics yaitu teknologi yang menyatukan tubuh manusia atau menggantikan tubuh manusia dengan tubuh artificiall atau tubuh buatan. Kenapa manusia harus berevolusi secara artificial dan menjadi suatu organisme post human yang bisa hidup dengan abadi ? apakah ini terdengar menyeramkan atau menyenangkan ? mungkin kalian juga ada yang merasa hidup baik baik selama kurang lebih 70 tahun aja udah lebih dari cukup, memang keabadian sudah sangat di dambakan dan di harapkan manusia sejak ribuan tahun yang lalu, transkrip epik gilgamesh yang di buat 5000 tahun yang lalu sudah mengisahkan mitologi tentang keinginan manusia agar bisa hidup abadi.

Mungkin juga ada pertanyaan yang lain apakah nanti manusia ketika sudah memamasuki tahap post human dan hidup sebagai organisme bionik yang memiliki kesadaran dan juga kecerdasan buatan itu , akan tetap bisa kawin atau ber reproduksi ? Atau bagaimana keadaan seksualitas manusia saat era transhuman udah datang ? Di era itu era nya transhuman dan post human, ketika biologis dan mesin sudah menyatu, dan manusia dengan kesadaran nya sudah hidup di dalam otak robot yang memiliki kecerdasan buatan yang mampu membantu diri nya sendiri untuk terus berkembang, disini tentunya makna dan fungsi seksualitas sangat bergeser dan berubah.


2. Self Replicate Machine


http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-kedua.html
Dizaman sekarang untuk mendapatkan kepuasan seksualitas dilakukan dengan hubungan atau kontak tubuh tapi di era transhuman atau posthuman kepuasan atau kebutuhan itu bisa di capai lewat aktivitas neuron otak komputer manusia yang di aktivasi secara teknis mekanikal. atau mungkin juga lewat aktivitas transimiter sinyal yang di kirimkan ke neuron otak manusia, perkembang biakan tidak lagi terjadi lewat proses pertemuan sel sperma dan sel telur lewat kontak fisik seksual yang mengharuskan setiap insan wanita saat ini mengandung 9 bulan lama nya.

Pada era post human proses perkembang biakan terjadi lewat kemampuan insan insan bionik dan humanoid untuk memperbanyak diri nya lewat pembelahan sel sel pada level fundamental yang akan melahirkan organisme sejenis, dengan atau tanpa bahan baku materi nya.


Terkait dengan reproduksi dan perkembangbiakan organisme post human tentu nya juga di dukung dengan kemampuan nanoteknologi yang sudah sangat maju yang bisa meng aktivasi diri nya sendiri secara otomatis yang sudah di pasang di dalam mekanisme vital di dalam tubuh organisme post-human ini.

Konsep teknologi ini dinamakan self replicating machines atau kinetic self replicating teknologi ini sedang di kembangkan dan di riset oleh NASA bertujuan untuk di implementasikan di bulan atau mars, study landmark NASA ini dinamakan Advanced Automation For Space Mission
agar mesin mesin atau robot yang dikirimkan ke mars atau ke bulan bisa me replikasi diri nya sendiri, untuk membangun penunjang kehidupan manusia disana.
 

Dan bukan hal yg tidak mungkin jika teknologi self replicating yang awal nya bertujuan untuk mereplikasi robot atau mesin itu sendiri di kembangkan dan akhirnya di implementasikan kepada manusia yang hidup di era post-human untuk proses perkembang biakan.

Gambaran keadaan futuristik diatas sama sekali bukan lah hal baru. meskipun semua gambaran-gambaran sains dan teknologi yang di jabarkan sebelum nya terlalu mutakhir. tapi kalian bisa cari dan baca jurnal jurnal ilmiah online yang bertebaran di internet atau reportase terpercaya majalah atau koran online internasional semua hal tentang kajian kajian ilmiah tentang teknologi tersebut misalnya teknologi cybernetics, era teknologi kuantum yang kini sudah tiba neurosains, neuroengineering, nanoteknologi, fisika, astrofisika, astronomi, astrobiologi, sains robotika, perkembangan menarik tentang kajian artificial intelligence, dan explorasi seluruh sistem tata surya serta kosmologi mutakhir, semua kajian atau jurnal jurnal ilmiah tentang teknologi tersebut bisa kalian temukan bertebaran di duna maya.

3. Brain Machine Interface


http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-kedua.html
Dan teknologi brain-machine interface adalah sarana paling mutakhir di zaman sekarang untuk meneropong otak sampai detil detil nya, teknologi ini adalah penemuan teknis yang sangat revolusioner sama seperti dulu teropong bintang pertama kali ditemukan manusia memang sedang berlomba dengan waktu apakah seluruh homo sapiens bakalan punah terlebih dahulu dikarnakan perang nuklir global yang membuat bumi jadi rusak dan tidak bisa lagi di tinggali dalam kurun waktu ratusan sampai ribuan tahun kedepan sebagai akibatnya, ataukah homosapiens sudah terlebih dahulu bertransisi atau bertransformasi menjadi organisme post-human dan sudah menyebar atau berkoloni di luar angkasa dan mendiami banyak planet lain.

4. Terraforming


http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-kedua.html
Jika hal ini terjadi lebih dulu homo sapiens plus atau homo sapiens yang sudah bertransisi menjadi organisme post-human tentu nya akan survive dan bertahan hidup abadi di alam jagat raya ini. Fisikawan terkenal stephen hawking sudah berulang kali memperingatkan dunia dan para saintis untuk makin mempercepat laju perkembangan sains dan teknologi yang akan memungkin kan manusia untuk menyebar dan berkoloni di ruang angkasa demi survive dan tidak punah, Katanya, tidak ada peluang untuk homo sapiens bisa bertahan hidup dalam milenium ketiga jika kita belum juga masuk dan menyebar dan mengkoloni planet planet lain, dimana kita sekarang di era awal milenium ke tiga.

Target tercepat NASA dan Europe Space Agency (ASA) adalah sekitar pertengahan abad 21 planet mars sudah bisa atau sudah layak di huni manusia dan kemudian menyusul titan yaitu bulan pada planet saturnus. Untuk sebuah planet asing bisa layak dihuni oleh manusia planet ini kita ambil contoh nya mars harus di ubah dulu agar planet ini kondisi dan atmosfir nya serupa dengan bumi teknik ini dinamakan terraforming, dan proses ini sedang on the way. Atau cara kedua, homo sapiens di transformasi melalu self-designed evolution yang tidak lagi melalu evolusi alami yang membutuhkan waktu teramat panjang. 


Dan Self designed evolution ini sekarang sudah dimungkinkan terhadap manusia lewat teknik DNA-editing CRISPR CAS9 pada tahap janin. Bisa kalian bayangkan kalau sudah tidak ada landasan hukum dan etika nya, mungkin generasi-generasi manusia yang akan datang bisa terlahir insan post-human yang bisa bernafas dengan C02 / Karbon dioksida atau mungkin sama sekali tidak memerlukan pernafasan jika tubuhnya hybrid setengah biologis dan setengah mesin.

kita sekarang sedang berlomba dengan waktu entah nanti kita akan punah atau kita akan abadi di alam jagat raya ini dalam era transhuman.

Itulah teori posthuman bagian kedua, walaupun nantinya dunia akan berakhir akibat kiamat tetapi tidak ada yang tau pasti apakah era posthuman terjadi lebih dahulu ataukah kiamat dulu yang terjadi.