Teori Posthuman - Bagian Pertama

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-pertama.html
Posthuman atau makhluk pasca manusia adalah kita ataupun keturunan atau anak cucu kita yang sudah melangkah selangkah lebih maju dalam tangga evolusi semesta dan tidak bisa lagi di sebut manusia atau homo sapiens, hal ini di luar kapan waktunya atau kah apakah kita bisa lakukan sendiri dengan bantuan teknologi.Sebelum kita membahas post human lebih jauh, kita mundur beberapa langkah dulu untuk membahas transisi dari manusia menjadi post human atau pasca manusia dan transisi atau tahapan ini di sebut tahap Transhuman atau manusia peralihan.Manusia zaman sekarang , sudah sangat ketergantungan dengan teknologi, seperti teknologi digital dan informasi, ataupun robotika, bioteknologi bahkan nanoteknologi.

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-pertama.html
Kalau kalian pernah menonton Film animasi karya pixar yang berjudul wall-E yang dikisahkan keadaan Manusia dimasa depan yang telah meninggal kan planet bumi dikarnakan planet bumi sudah tercemar dan tinggal berkoloni  di luar angkasa, di kisahkan umat manusia di film wall-e sangat sangat ketergantungan dengan teknologi, bahkan untuk bergerak pun atau makan pun mereka membutuhkan teknologi sehingga manusia di film animasi itu semuanya obesitas dan tidak bisa berdiri atau jalan dikarnakan otot-otot di tubuh nya terutama otot kaki nya lemah, karena hampir tidak pernah di gunakan.

Dan kisah dalam film wall-e memang benar terjadi di dunia nyata walaupun tidak seluruh nya otot manusia dizaman sekarang dibandingkan dengan manusia dizaman sebelum masa revolusi industri rata-rata manusia otot nya kuat dan lebih sehat, dikarenakan manusia sebelum zaman revolusi industri belum mengenal teknologi canggih dan tentu nya tidak ketergantungan dengan teknologi canggih seperti kita dizaman sekarang, karena ketergantungan dan ke efesien-an teknologi, manusia terus mengembangkan teknologi ini dan makin kesini hampir semua piranti di sematkan teknologi kecerdasan buatan.lihat aja di zaman sekarang ini apa-apa didepan nya disematkan kata smart, seperti smartphone, smartv, smartcar, smartbike dan smart-smart lain nya. Kecerdasan buatan ini pun lama kelamaan akan semakin cerdas dan pada akhirnya akan mendekati atau bahkan melewati level kecerdasan manusia, pada fase ini lah transhuman, atau manusia peralihan mulai terbentuk dan fase ini dinamakan fase singularitas teknologi.

Pada fase ini manusia akan mencoba menggabungkan kecerdasan nya dengan kecerdasan buatan dalam level biologis atau nanoteknologi yang di gunakan untuk kepentingan biologis. Dan di fase singularitas teknologi ini yang di mana manusia telah mempunyai teknologi nano dengan kecerdasan buatan teknologi ini di gunakan dalam dunia medis untuk melakukan penyembuhan penyembuhan yang di zaman sekarang sangat susah atau tidak mungkin di lakukan bayangkan sebuah nano teknologi cerdas dalam peredaran darah kita yang bisa mengatur kadar oksigen tubuh sewaktu kita ber olahraga atau tulang manusia telah berbahan dari nano yang bisa sembuh dengan sendiri nya ketika patah atau nano teknologi yang di masukan kedalam otak manusia, sehingga manusia bisa melakukan browsing internet langsung dari pikiran nya dan bisa chatting2an tanpa harus menggunakan hape, kalau bahasa ghaib nya telepati. 


Nah para futurologi sepakat bahwa kehidupan manusia jika sudah sampai di fase ini tidak bisa di tebak kemana arahnya, dan fase ini pun akan terus berjalan dan perkembangan teknologi berlari semakin cepat sehingga manusia semakin lama akan semakin menjadi makhluk hidup yang lain karena manusia itu sendiri sudah menyatu dengan teknologi, bisa di bilang bukan manusia dan bukan juga komputer. 

transendence
Di film transendence, di visualisasikan secara baik tentang manusia spesies baru ini, atau posthuman di film itu di ceritakan seorang professor yang kesadaran nya di upload kedalam komputer dan internet dan kemudian dia hidup dengan kesadaran nya di dalam dunia digital itu, hidup hanya dengan kesadaran, tanpa tubuh, daging dan tulang.Inilah salah satu bentuk makhluk post human, karena kemungkinan makhluk post human, bisa mempunyai bermacam macam bentuk mulai dari berbentuk seperti selayaknya robot, atau cyborg, ataupun berbentuk full digital. Di fase ini lah khayalan-khayalan manusia di luar logika bisa terjadi, pada fase ini manusia akan hidup lebih lama atau bisa di katakan hidup abadi di karenakan nano teknologi di gunakan untuk anti aging atau untuk regenerisasi sel-sel , atau self healing di fase ini pula hal-hal tidak mungkin menjadi mungkin, atau mungkin kalimat tidak mungkin, mungkin tidak akan terpakai lagi dikarnakan mungkin difase ini semua hal menjadi mungkin.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana kehidupan manusia jika mulai memasuki atau sudah masuk fase transisi manusia ke posthuman ini, menurut para futurist seperti elon musk ataupun stephen hawking, fase transhuman perlahan lahan mendekat dan  tidak butuh waktu lama lagi untuk manusia memasuki fase ini kurang dari 40 tahun di lihat dari perkembangan teknologi saat ini, dan potensi teknologi yang bisa membuat manusia menjadi posthuman. Dan ini lah beberapa teknologi itu.

1. Cryonics

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-pertama.html
Cryonics di ciptakan oleh carl warner pada tahun 1965, kata cryonics di ambil dari bahasa yunani yaitu cryo yang berarti dingin, Alcor life extension foundation menawarkan kepada siapa saja yang tertarik dan berminat untuk di hidupkan kembali dalam beberapa puluh tahun, ratusan bahkan ribuan tahun kemudian, dengan teknologi cryonics. Dengan proses membekukan sebagian atau seluruh tubuh pasien dengan temperatur yang sangat rendah yaitu dibawah -100 celcius, dengan harapan bisa di pulihkan atau di hidupkan kembali di kemudian hari jika sains dan teknologi sudah mungkin untuk melakukan nya.

Kriteria kematian atau di nyatakan mati hampir selalu dikira yaitu berhenti nya detak jantung tapi sebenarnya kematian adalah matinya seluruh sel-sel pada tubuh termasuk sel-sel yang berada di otak, biasanya di perlukan waktu beberapa jam saja untuk semua sel mati pada suhu ruangan, termasuk sel otak.

Kerusakan utama pada satu jam pertama di sebabkan oleh menggumpalnya pembuluh darah. Dan teknologi cryonics melakukan upaya terbaik untuk meminimalkan kerusakan di tubuh manusia akibat matinya sel-sel untuk memaksimalkan potensi di masa mendatang untuk di pulihkan atau di hidupkan kembali. 

2. Rna Interference Atau Gen Therapy

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-pertama.html
Gen Therapy Adalah suatu teknik terapi yang di gunakan untuk memperbaiki dan mengganti gen gen mutan atau gen gen abnormal atau cacat yang bertanggung jawab terhadap muncul nya suatu penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh dengan gen yang baik dan RNA interference bisa secara selektif melumpuhkan gen gen cacat tersebut. Dan proses ini secara bersamaan bisa memberikan kemampuan untuk memanipulasi code genetik kita sendiri yang belum pernah terjadi sebelum nya, dengan mengalahkan kode genetik untuk metabolisme protein tertentu para scientist sudah mampu membuat tikus tetap langsing seberapa pun makanan yang tikus itu makan.

Dan penyakit yang di derita oleh atlet legenda yang bernama lough gehrig yang bernama ALS, di inject ke dalam tikus, dan tikus yang mengidap penyakit ini sembuh dengan gen therapy dan di butuhkan hanya beberapa tahun sampai kita bisa mengembangkan gen therapy ini dan di terapkan kepada manusia dan juga menyembuhkan nya kemampuan Gen therapy tidak hanya itu contoh nya untuk memusnahkan sel-sel kanker, atau terapi gen untuk memperlambat penuaan atau anti aging bahkan memberhentikan proses penuaan terhadap manusia. 

3. Brain Reverse Enginering Dan Neuro Engineering

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/teori-posthuman-bagian-pertama.html
Dengan teknologi brain machine interface, ditambah dengan mesin MRI dan dikombinasikan dengan semua teori teori hebat yang pernah ada tentang otak manusia, para pakar dan ahli bisa mempelajari dan memahami cara kerja neuron-neuron dan juga struktur struktur neural otak manusia yang sangat rumit, bukan cuma otak hewan-hewan pengerat. Kemudian dengan pendekatan Brain reverse enginering dengan cara mempreteli otak dan kemudian di satu kan kembali kebentuk utuh, dan lalu di pelajari lagi cara kerjanya sebagai satu sistem menyeluruh, kini pengetahuan dan pemahaman para ilmuwan tentang otak manusia dan juga fungsi serta cara kerja nya semakin luas dan semakin dalam pendekatan BRE bisa dilakukan dengan cara membedah otak manusia, entah itu manusia yang masih hidup atau otak donor dari orang yang baru saja meninggal yang kemudian otak itu di jaga agar tetap segar dengan kurun waktu yang relatif cukup untuk melakukan pendekatan Brain Reverse engineering ini.

Lewat teknik neuroengineering bagian-bagian terkecil struktur otak , contoh nya hippocampus sekarang ini sudah bisa di buat tiruan nya yaitu neuroprosthetics dalam bentuk chip komputer yang sewaktu di uji coba terbukti berfungsi dengan sangat baik, tapi eksperimen ini pada tahap awal nya di praktikan pada hewan pengerat macam tikus. masih dibutuhkan nya waktu untuk seluruh otak manusia bisa di buat tiruan nya dan akan berbentuk superchip komputer.

Dan jika otak kita beserta kesadaran nya sudah bisa di ubah menjadi bentuk data komputer quantum dan dimasukan kedalam sebuah chip berteknologi komputer quantum dan kemudian chip itu di pasang atau di install kedalam tubuh robot android atau tubuh humanoid dan kemudian otak beserta kesadaran kita besinergi dengan A.I yang lain, maka kecerdasan kita akan meningkat terus menerus jauh tanpa batasan.

Bukan cuma itu saja, biarpun tubuh biologis kita sudah hancur, tapi kita bisa tetap hidup dengan tubuh robot humanoid kita, dengan kesadaran kita yang tetap sebagai manusia, bayangkan dengan tubuh ini kita tidak akan terluka, tidak bisa sakit, tidak bisa tua, dan tidak akan pernah mati, contoh teknologi ini di angkat di dalam film transendence dan juga film chappie. 


Itulah teori posthuman atau era transhuman yang jarang diketahui, bagi sebagian orang bukti keberadaan teknologi tersebut menjadi pegangan bahwa mungkin saja film-film bergenre sc-fi yang sering kita tonton akan dapat berguna jika era tersebut datang, bagi yang masih gaptek secepatnya belajar teknologi-teknologi dasar agar tidak ketinggalan jaman dan mengalami kesulitan dikemudian hari.