5 Spesies Yang Mampu Bertahan Hidup Jika Manusia Punah

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-spesies-yang-mampu-bertahan-hidup.html
Manusia di muka bumi berperan sebagai spesies penguasa, keberadaan manusia sebagai penguasa dimuka bumi, juga telah meninggalkan jejak jejak peradaban dan kebudayaan yang besar yang tidak dimiliki oleh makhluk makhluk lain nya seperti contoh nya hewan.

Para ilmuwan mengungkapkan beberapa teori yang bisa menjadi penyebab terjadi nya kepunahan umat manusia, mulai dari bencana alam , wabah penyakit hingga perang nuklir. Dan jika hal itu terjadi yaitu umat manusia punah maka posisi puncak manusia pun akan segera di ambil oleh para spesies yang lain. Terus , apa yang akan terjadi di bumi ini seandain nya umat manusia punah ? bukan Cuma peradaban saja yang akan hilang, namun juga sistem rantai makanan pun akan berubah.

Di antara sekian banyak nya spesies hewan, ada beberapa di antara nya spesies yang menonjol yang di prediksikan akan mengambil alih posisi manusia, jika seandainya seluruh umat manusia di bumi ini punah, yang mungkin kalian ga pernah bayangin sebelum nya. Dan berikut daftar 5 spesies yang mampu bertahan hidup jika manusia punah.


1. Semut

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-spesies-yang-mampu-bertahan-hidup.html
Jika ada spesies yang mampu bertahan hidup sewaktu apocalypse atau kiamat terjadi, semut adalah jawabannya. Binatang yang satu ini sudah ada sejak 110 sampai dengan 130 juta tahun yang lalu. Hal ini berarti, semut berhasil selamat sewaktu bencana yang membuat dinosaurus punah terjadi. Semut memiliki tingkat sosial tinggi seperti hal nya manusia. Mereka memiliki sistem kelas yang kompleks, ruang logistik, dan tentara yang menjaga sarang.

Secara individu, semut memang sangat lemah. Tapi kekuatan mereka terletak pada kesatuan mereka. Semut memliki sistem koloni yang begitu terorganisir bahkan sudah menjadi inspirasi bagi sistem pertahanan militer di berbagai negara,semut sangat tangguh di berbagai cuaca bahkan mampu bertahan tanpa makanan dalam waktu yang lama.

Bila semut dari seluruh negara dan bahkan benua bersatu, kamu tidak akan membayangkan apa yang akan terjadi. Mereka berbagi sinyal kimia yang sama yang berarti memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain sebagai sekutu.


2. Burung Pemakan Bangkai

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-spesies-yang-mampu-bertahan-hidup.html
Bukan tanpa alasan burung yang satu ini dikategorikan hewan yang akan selamat saat semua makhluk sekarat. Saat hewan-hewan mati, membusuk, dan membuat jijik hewan lain, burung bangkai dengan santainya akan mematuk daging busuk tersebut. Menurut ahli mikrobiologi, perut burung pemakan bangkai mampu menghancurkan hampir semua hal. Kenapa bisa ? Sebab, di dalam perut mereka hidup dua bakteri paling ganas yaitu bakteri Clostridia yang menghasilkan racun dan bakteri Fusobacteria yang menghancurkan daging apapun. Dengan kata lain, perut burung bangkai sebenarnya 10 kali lebih beracun dan mematikan dari apa yang mereka makan Ga heran heran, isi perut mereka bisa dijadiian sebagai senjata kimia.

Selain itu penelitian pada tahun 2014 sekelompok ilmuwan melakukan penelitian radiasi nuklir pada beberapa spesies, yaitu burung, laba-laba dan serangga. Rata rata hewan yang mampu bertahan hidup pasti akan mengalami kerusakan DNA, tapi ajaib nya beberapa spesies burung bisa melewati radiasi tersebut tanpa mengalami luka apapun termasuk kerusakan DNA, bulu yang melekat di tubuh burung pun bukan Cuma mampu melindungi mereka dari cuaca panas atau pun dingin, tapi juga mampu melindungi radiasi nuklir hingga tingkat tertentu.


3. Tardigrades / Beruang Air

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-spesies-yang-mampu-bertahan-hidup.html
Tardigrades Dikenal juga sebagai beruang air atau babi lumut, mungkin ukurannya hanya 1,5 milimeter, tapi mereka merupakan makhluk yang sangat tangguh spesies ini pertama kali muncul 500 juta tahun yang lalu dan bertahan hingga di zaman modern ini. Hewan ini luar biasanya mampu bertahan pada suhu yang sangat ekstrem mulai dari minus 164 derajat celcius hingga 149 derajat celcius. Ukuran nya membuatnya hampir tidak terlihat ini membuat ia seringkali berhasil lolos dari intaian sang pemangsa dengan hanya bersembunyi di balik batuan laut atau pun terumbu karang.

Meskipun kecil nan mungil , tapi jangan remehkan kekuatan tardigrada, karena binatang ini mampu mengoyak alga atau hewan kecil lain nya dengan gigi tajam nya. Gigi nya yang tajam selayaknya gergaji yang menjadi senjata utama hewan ini. Habitat binatang ini sebenarnya di air, namun jika cuaca berubah dengan ekstrim, dia terpaksa harus berubah bentuk, dengan mengganti cairan di seluruh tubuh nya dengan gula trehalose dan beruang air ini berhasil selamat dengan hidup di lingkungan kering tanpa air.

Ga Cuma sampe disitu aja , ilmuwan ternyata juga udah mengetahui kekuatan si kecil tardigrada sudah sejak lama. Si pink imut-imut kecil ini jadi salah satu hewan astronot yang di utus ke luar angkasa dalam penerbangan uji coba menggunakan kapsul foton-m3 di tahun 2007.

Meskipun spesies hewan lain yang turut dikirim tidak berhasil pulang dengan selamat dan bernyawa.Tardigrada menjadi satu satu nya yang berhasil kembali kebumi dan bertahan dari sinar kosmis dan radiasi ultra violet yang begitu mematikan.Begitu super nya kekuatan dari tardigrada peneliti menduga , bahwa binatang ini kemungkinan akan menjadi organisme terakhir di muka bumi.


4. Tikus

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-spesies-yang-mampu-bertahan-hidup.html
Hewan pengerat Dari jenis mamalia, yang bernama tikus mungkin merupakan hewan yang bertahan bila saja kepunahan terjadi. Kenapa bisa bertahan ? dikarenakan mereka tangguh, mudah beradaptasi, dan bisa makan apapun dan ga ribet.

Jan Zalasiewicz, paleobiologis dan penulis The Earth After Us, mengatakan kalau tikus akan mengambil kendali bumi saat hewan mamalia lainnya punah. Hal ini pun diamini oleh Dougal Dixon, paleontolog yang percaya jika dunia menghadapi peristiwa kepunahan besar-besaran, ukuran tikus akan berubah menjadi besar dan juga menguasai bumi.


5. Gurita Dan Cumi-Cumi

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-spesies-yang-mampu-bertahan-hidup.html
Mungkin kalian akan agak sedikit aneh dan heran sewaktu mengetahui kalau hewan ini cukup potensial untuk menguasai bumi di masa depan. Dan faktanya jumlah spesies cephalapods seperti cumi-cumi dan gurita melonjak tajam sejak tahun 1950an. Kenapa bisa ? Hal ini di sebabkan oleh angka pengambilan ikan yang begitu fantastis di barengi dengan tercemarnya lautan oleh limbah - limbah kantong plastik.

Dan hal ini cukup menguntungkan bagi spesies cephlapods ini. Karena bentuk fisik cumi dan gurita yang menyerupai plastik, membuat mereka lebih mudah beradaptasi dan melindungi dari dari para pemangsa. Walaupun hal ini masih sering menjadi perdebatan di kalangan ahli biologi, Gurita sangat cerdas dan kemungkinan merupakan hewan paling cerdas di antara semua hewan invertebrataatau bahkan di antara seluruh hewan yang ada di laut dan mereka juga mampu memakan apa saja sehingga bisa melalui berbagai kondisi dengan aman.

Itulah 5 makhluk yang dapat bertahan jika manusia punah, Perlu di ingat, ulasan diatas hanyalah perdiksi atau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan belum tentu benar seandainya umat manusia benar-benar sudah punah dari muka bumi, tapi kalo di lihat dari kemampuan dan kehebatan yang di miliki oleh hewan hewan tersebut, predikisi-prediksi tersebut cukup masuk akal.