5 Mitologi Yang Terbukti Ada

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-mitologi-yang-terbukti-ada.html

Dalam dunia modern ini ada banyak sekali cerita atau legenda-legenda, kisah dari hal-hal mistis atau mitologi yang muncul dalam bentuk seperti film, literatur, ataupun hanya cerita rakyat belaka, karena itu kita sering menganggap semua hal itu hanyalah mitos belaka, peristiwa masa lalu adalah sejarah lama kelamaan seajrah ini bercampur dengan tambahan yang bukan kejadian sebenarnya, maka jadilah legenda lama kelamaan legenda ini bercambur dengan tambahan-tambahan cerita lainnya, maka jadilah mitologi, jadi hampir semua cerita mitologi dan legenda ada benang merahnya dengan sejarah walaupun benang ini sangat tipis, dan inilah daftar 5 mitologi yang terbukti ada.

1. Mitologi Hobbit

hobbit
Jika kalian pernah mnonton film Lord Of The Rings, difilm itu ada sebuah ras yang menyerupai manusia, hanya saja tingginya tidak seperti manusia dimana hanya sepertiga atau setengah dari tinggi manusia pada umumnya. Ras itu dikenal dengan nama hobbit atau manusia kerdil, sebuah pengalian di flores satu dekade lalu para peniliti digua batu kapur menemukan fosil makhluk kerdil yang menyerupai manusia yang tinggi dan bentuknya hanya sepertiga manusia biasa, fosil manusia kerdil ini pertama kali ditemukan didalam gua batu kapur diliang gua flores di tahun 2004, setelah diteliti fosil yang berusia sekitar 50.000 tahun yang lalu adalah milik kelompok manusia yang sekarang sudah punah, spesies ini dinamakan homo floriensis tapi lebih mudahnya disebut hobbit.  

Para ahli purbakala berusaha melakukan penelitian lebih jauh tentang spesies hobbit ini, tapi bagaimana spesies ini muncul dan berkembang masih menjadi misteri hingga saat ini, tapi ada beberapa ahli berargumentasi kalo fosil yang ditemukan diliang gua bukan spesies baru sama sekali, spesies ini sebenarnya manusia modern yang pertumbuhannya tergangu oleh suatu penyakit ataupun kelainan, dan petunjuk lainnya pun ditemukan berupa fosil yang terkubur oleh batu paras yang terbentuk oleh aliran sungai 700.000 tahun yang lalu, mereka menemukan fosil yang diperkirakan fosil sebagai nenek moyang makhluk yang dijuluki hobbit dari flores ini, tapi fosil yang ditemukan tidak utuh, cuma bagian rahang bawah dan enam buah gigi saja yang diperkirakan milik manusia dewasa dan dua anak-anak.

Dari hasil penilitian terungkap bahwa nenek moyang manusia kerdil di flores ini telah hidup selama di pulau flores selama lebih dari 500 juta tahun, mereka hidup dari berburu gajah kerdil dan bertahan dari serangan komodo. Penemuan fosil terbaru yang terkubur batu paras berlokasi di matamenye sebuah lembah sungai besar dibawah kaki gunung berapi di flores tengah yang berjarak 50km dari liang gua.


2. Mitologi Dvaraka (Kota Krishna)

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-mitologi-yang-terbukti-ada.html
Berdasarkan legenda krishna berkuasa atas kota dvaraka hingga pada akhirnya kota ini ditelan oleh laut, bagi kaum hindhu menemukan kota dvaraka seperti menemukan kitab perjanjian atau cawan suci, kota ini berbeda dengan kota modern dvaraka di india, kerajaan ini diperintah oleh krishna wasudewa selama jaman dwaparayuga, wilayah kerajaan dvaraka meliputi pulau dvaraka sebagian juga berada didarat berbatasan dengan negeri tertangga yaitu kerajaan anartha, dan beberapa pulau tetangga seperti dwipantara yang dicurigai wilayah dijaman sekarang adalah indonesia.

Tapi jika dilihat dari namanya dvaraka diambil dari bahasa sansekerta yang berarti pintu atau gerbang, mirip dengan babylonia yang juga berarti ba'a atau pintu. Selama masa jayanya dvaraka kota yang dikelilingi tembok dan berisikan taman yang sangat indah, parit yang dalam dan beberapa kolam istana, tapi diyakini sudah tenggelam setelah kepergian krishna, karena pentingnya sejarah dan berhubungan dengan mahabrata kota ini menarik perhatian arkeolog dan sejarawan, dan kota ini sudah diselidiki sejak abad 20.

Lokasi kota ini adalah sebagai kota pelabuhan yang sudah jadi perdebatan sejak waktu yang lama, beberapa referensi sastra terutama dari mahabrata telah digunakan sebagai petunjuk lokasi, unit arkeolog lautan bersama institut tosianografi nasional dan badan survey arkeologi india dibawah bimbingan Dr. Rao yang merupakan seorang arkeolog kelautan ternama membentuk sebuah tim yang terdiri dari penyelam, fotografer, dan arkeolog. Tim melakukan ekspedisi arkeolog sebanyak 12 kali antara tahun 1983 dan 1992, dan tim arkeologi ini berhasil menemukan puing-puing yang dulunya adalah bekas kota yang kini berada dibawah laut lepas india.

Kota yang dikelilingi dinding dvaraka ini ditemukan dengan luas daerah lebih dari setengah mil dari garis pantai, pondasi batu dinding kota yang didirikan membuktikan jika tanah itu hasil reklamasi laut, secara deskripsi yang dijelaskan dalam teks-teks kuno sesuai dengan kota bawah laut yang ditemukan oleh tim arkeolog ini, artefak dan barang antik yang ditemukan berasal dari abad ke-15 sampai abad ke-18 SM.

Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa kota ini adalah sebuah kota pelabuhan yang makmur dan bertahan sekitar 60-70 diabas ke-15 SM, sebelum tenggelam pada tahun 1443 SM, meskipun masih ada yang berpendapat dvaraka tenggelam sekitar 3102 SM, tapi yang jelas kota ini berumur tidak lebih dari 5000 tahun yang lalu.

Penemuan kota legendaris dvaraka yang didirikan oleh krishna merupakan sebuah tonggak penting dalam sejarah india, karena hal ini telah menghilangkan keraguan para sejarawan tentang historisitas mahabrata dan keberadaan kota dvaraka.


3. Mitologi Wanita Amazon

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-mitologi-yang-terbukti-ada.html
Digambarkan sebagai bentuk wanita yang sangat kuat dan sebagai ksatria wanita yang tidak kalah dengan ksatria pria, seorang sejarawan yunani yang bernama herodotus, menuliskan sebuah cerita dimana para wanita amazon menikah dengan para pria Scythian yaitu suku penungang kuda eurasia, para wanita amazon menyetujui pernikahan tersebut asalkan anak-anak perempuan mereka diperbolehkan mengikuti tradisi penjuang wanita ini.

Versi catatan penting kuno lainnya menyebutkan keterlibatan suku amazon dibawah komando Pentesileia, didalam perang besar troy diabad ke-5 SM. Suku amazon membantu trojan melawan invasi tentara yunani, hujan panah dari tembok istana troy kemungkinan besar merupakan serangan para pejuang wanita amazon kebarisan tentara yunani yang mendarat dari bibir pantai, menewaskan sebagian besar tentara ekspedisi pertama yunani yang mencoba masuk kegaris pertahanan troy, tapi apda akhirnya ratu pentesileia sendiri terbunuh ditangan ksatria yunani yang legendaris yaitu Achilles, dan inilah yang mematahkan perlawanan dari suku amazon diperang troy.

Amazon adalah julukan, ada 2 versi kontroversial mengenai maknanya jika ditinjau dari segi etimologinya, versi pertama amazon berdasarkan tinjauan berbahasa iran kuno yang berbunyi ha-mazan yang artinya pejuang atau warrior, sebutan ini ditujukan kepada pejuang suku yang gagah berani yang mayoritas wanita di perang besar persia sekitar tahun 448 SM, versi kedua menyebutkan bahwa amazon mengandung buah dada yang hilang atau breastless, penyebutan ini muncul terhadap sekelompok ksatria wanita yang sangat mahir menggunakan panah, tapi anggota suku ini tidak mempunyai buah dada sebelah kanan, konon sengaja dipotong agar memudahkan pergerakan memanah mereka, dalam mitologi yunani kuno suku amazon dikenal sebagai suku yang seluruh anggotanya adalah perempuan dan sangat terlatih dalam menggunakan panah, tombak dan pedang, sebuah literatur yang diperkirakan berasal dari abad ke-9 atau abad ke-7 SM, menyebutkan mereka sebagai amazonia, dan wanita-wanita amazon ini berasal dari suku barbar nomaden yang bermukim disekitar laut hitam yang sekarang adalah wilayah utara turki.

Ternyata ada sebuah bukti nyata yaitu ditemukannya sebuah kuburan di padang rumput eurasia yang menunjukkan bahwa wanita scythian mempunyai sifat pejuang seperti yang dideskripsikan seperti wanita amazon, mereka ditemukan memiliki tulang yang terkena luka
perang dan dikuburkan dengan panah, pisau serta bukti-bukti perjuangan lainnya.


4. Mitologi Naga

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-mitologi-yang-terbukti-ada.html
Walaupun bentuknya tidak seperti naga yang kita bayangkan tapi kita tidak tahu manusia jaman dahulu bisa membayangkan bentuk naga seperti yang kita ketahui sekarang, atau mungkin bentuk naga terinspirasi dari seekor hewan yang memang memiliki nama naga pada namanya.Komodo dragon yang lebih kita kenal sebagai komodo dan dapat kita lihat secara langsung dipulau komodo di indonesia. Di pulau ini merupakan satu-satunya habitat komodo dragon, tapi yang kita maksud bukan komodo yang ini, tetapi nenek moyang nya yaitu megalania.

Megalania merupakan sebuah kadal berukuran raksasa yang bisa tumbuh sampai 8 meter dengan berat hingga 1,9 ton, spesies ini sewaktu belum punah sekitar 40.000 tahun yang lalu populasinya ada di australia selatan, megalania ini tidak kalah mematikan dengan naga yang ada di film-film atau cerita-cerita dongeng.

Megalania mempunyai kaki yang kuat untuk berlari denga kecepatan 3-10km dan memiliki rahang yang sangat kuat, korban yang digigitnya akan terkena racun yang sangat mematikan, karena digiginya diyakini mengandung bakteri beracun, dimana gigitan nya akan membuat daging membusuk secara perlahan, belum diketahui secara pasti kenapa naga raksasa ini bisa punah, ada beberapa teori yang menyatakan seiring berjalannya waktu mangsa-mangsa megalania semakin kecil dan lincah sehingga tidak bisa mereka tangkap atau mereka diburu terus-menerus oleh suku aborigin awal karena mereka dianggap sebagai monster.


 5. Mitologi Kraken

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-mitologi-yang-terbukti-ada.html
Merupakan sebuah makhluk mitologi yang berdiam di wilayah laut islandia dan norwegia, makhluk dalam mitologi ini sering menyerang kapal yang lewat dengan cara menggulungkan tentakel raksasanya dan menariknya kedalam lautan. Ada 3 hewan laut raksasa yang menginspirasi cerita kraken ini, yaitu giant squid, colossal squid, dan giant octopus.

Giant squid atau cumi-cumi raksasa berasal dari genus artiteutis yang memiliki 8 spesies dan dapat tumbuh hingga 18 meter untuk betina dan 10 meter untuk jantan, ukuran ini dihitung dari sirip kaudal hingga ujung tentakelnya, tapi ukuran cumi raksasa ini bisa jadi lebih besar dari yang diperkirakan.

Pada tahun 1880 potongan tentakel diselandia baru dan diperkirakan milik giant squid yang mempunyai panjang 18 meter, kapal milik cristopher columbus saja yang bernama pinta panjangnya hanya 15 meter, seekor cum-cumi 18 meter bisa dipastikan dapat menyerang dan menenggelamkan kapal ini dengan mudahnya.

Colossal squid dapat tumbuh hingga 14 meter dan ini membuat makhluk ini menjadi hewan invertebrata terpanjang didunia, walaupun demikian para ilmuwan tidak dapat memastikan seberapa panjang makhluk ini dapat tumbuh, bedanya giant squid dan colossal squid adalah giant squid hanya memiliki tentakel penghisap dan gigi kecil sedangkan colossal memiliki tentakel yang juga dilengkapi dengan kait yang sangat tajam, selain giant dan colossal squid adalagi giant octopus, dapat tumbuh hingga panjang 9 meter, membuatnya ditakuti oleh para pelaut di jaman dulu. Pada tahun 1896 dipercaya bangkai giant octopus terdampar dipantai san agustin di florida.

Itulah 5 mitologi yang terbukti ada, walaupun bukti tersebut ada, tetapi tentu saja bagia sebagian orang jika tidak melihat langsung maka hal yang di luar logika pun tidak dapat diterima, dan ada juga yang telah melihat sendiri tapi masih tidak percaya, tidak ada salah nya mengetahui sesuatu yang baru walaupun kita tidak mempercayai nya, semoga dapat menambah wawasan bagi para pembaca.