5 Makna Tersembunyi Dibalik Simbol Populer

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-makna-tersembunyi-dibalik-simbol.html
Setiap hari, kita sering menemui bermacam macam simbol yang di di sekitar kita, sebuah simbol biasanya mempunyai fungsi dan makna atau arti tertentu untuk mempermudah hidup manusia, contoh nya sebagai identitas suatu lembaga, menunjukan fungsi suatu benda untuk menyingkat penulisan, marka atau penunjuk jalan, sampai dengan untuk mengekspresikan sesuatu.

Tapi apa kalian tau ? di balik beberapa simbol yang kita tau dan sering temui selama ini ada beberapa di antara nya mempunyai makna tersembunyi yang jarang di ketahui orang banyak atau sama sekali tidak di ketahui. Sebelum simbol simbol ini di gunakan oleh khalayak luas, ternyata simbol simbol ini sudah melalui perjalanan sejarah yang unik, bahkan beberapa di antara nya ada yang mempunyai makna yang berbeda di bandingkan dengan makna yang kita ketahui selama ini. Dan berikut adalah daftar 5 simbol populer yang ternyata mempunyai makna yang tersembunyi.


1. SIMBOL BLUETOOTH

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-makna-tersembunyi-dibalik-simbol.html
Istilah bluetooth di ambil dari nama raja denmark yang terkenal, yang bernama harald blatand yang dalam bahasa inggris adalah harold bluetooth. Pada abad ke 10 masehi sekitar 940 sampai dengan 985 masehi raja denmark ini melanjutkan perjuangan sang ayah yaitu raja gormdek gammelyaitu mempersatukan denmark dengan norwegia , dan menyatukan suku danish kedalam kerajaanbahkan wilayah scania di swedia tempat teknologi bluetooth ini di temukan juga termasuk daerah kekuasaan nya.

Kemampuan raja itu sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai piranti atau peralatan seperti contoh nya computer, laptop, smartphone , jam pintar atau pun gadget-gadget lain, nah kebetulan king harald juga mendapatkan julukan bluetooth karena di ketahui raja harald adalah pencinta buah blueberry yang membuat gigi nya mempunyai bercak-bercak biru.

Sampai akhirnya di temukan lah sebuah teknologi yang mempunyai kemampuan menyatukan multiple devices into a single network. Terinspirasi dari kisah king harald blatand yang berhasil menyatukan beberapa wilayah dan suku teknologi ini pun di namakan bluetooth, sedangkan logo bluetooth sendiri berasal dari penyatuan dua huruf jerman yang analogi sebenarnya merupakan inisial dari nama sang raja bergigi biru itu dengan menggunakan alfabet latin untuk huruf H dan B kedua huruf  tersebut di gabungkan hingga membentuk simbol bluetooth yang seperti kita kenal saat ini. 


2. SIMBOL POWER

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-makna-tersembunyi-dibalik-simbol.html
Simbol power sendiri pasti nya kita udah ga asing lagi untuk banyak orang, karena kita bisa menemui simbol ini pada hampir semua peralatan elektronik contoh nya sewaktu kita menyalakan laptop atau komputer pasti yang kita cari terlebih dulu adalah tombol power, karena langkah ini memang sudah menjadi prosedur standar untuk menghidupkan sebuah perangkat elektronik dan simbol power di perangkat elektronik selalu sama.Ia berbentuk bulat tidak sempurna dan satu garis kecil lurus berada di tengah nya memotong lingkaran. Pertanyaan nya sekarang, apa arti dari simbol itu ? Dan kenapa di jadikan simbol power untuk mematikan dan menghidupkan perangkat elektronik ? Coba kalian perhatikan remot TV kalian atau perangkat elektronik di sekitar kalian.

Simbol power mempunyai dua unsur atau dua bentuk simbol yaitu O dan I atau bisa juga kita menyebut nya 0 dan 10 dan 1 sebenarnya adalah bilangan biner yang sudah di gunakan pada era perang dunia ke 2  oleh para teknisiuntuk mewakili tombol tombol tertentu yang angka 1 berarti ON atau menyala dan angka 0 berarti OFF atau mati.

Dan akhirnya pada tahun 1973 oleh international electronical commision, simbol ini menjadi standard untuk melambangkan tombol power pada semua perangkat elektronik jadi dimanapun simbol ini berada itu berarti menunjukan fungsi utamanya sebagai tombol untuk menghidupkan dan mematikan sebuah perangkat elektronik.


3. SIMBOL PEACE

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-makna-tersembunyi-dibalik-simbol.html
Arti dan definisi dari peace sendiri yaitu menggambarkaann kehidupan yang damai tanpa permusuhan , peperangan , kekerasan dan penindasan dan perdamaian atau peace secara umum di pahami sebagai arti tidak ada nya musuh atau adanya hubungan interpersonal atau internasional yang sehat, keselamatan dalam hal kesejahteraan social dan ekonomi pengakuan kesetaraan , keadilan dalam hubungan politik dan tidak ada nya konflik dan juga peperangan, lambang perdamaian adalah representasi atau obyek yang melambangkan perdamaian.

Sepanjang sejarah, beberapa simbol telah dipergunakan sebagai lambang perdamaian, yang paling terkenal adalah merpati, ranting zaitun, dan lambang perlucutan senjata nuklir (☮). Tanda lain yang juga sering digunakan sebagai lambang perdamaian antara lain adalah membentuk tanda V yang menyatakan victory  yang artinya adalah "kemenangan".

Dan Sekarang, Simbol Peace Yang Paling Terkenal Adalah Simbol "Nuclear Disarmament" atau lambang pelucutan senjata  nuklir (☮) Pada mula nya simbol peace yang kita kenal pada saat ini di gunakan sebagai simbol pelucutan senjata nuklir oleh gerakan anti-perang, dan simbol ini di design oleh gerald holtom pada 21 februari 1958 yang pada masanya begitu banyak nya unjuk rasa untuk menolak penggunaan senjata nuklir simbol peace ini diciptakan dari penggambaran dua orang yang membuat sinyal bendera untuk huruf N dan D yang mewakili kalimat nuclear disarmament atau yang artinya pelucutan senjata nuclear. 


4. SIMBOL HATI

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-makna-tersembunyi-dibalik-simbol.html
Siapa yang ga kenal dengan simbol ini ? Simbol ini sangat sering digunakan untuk mewakili atau mengungkapkan perasaan cinta dan kasih sayang, dan sering kali simbol ini di posisikan terletak di jantung manusia padahal bentuk jantung sebenarnya sangat berbeda dengan bentuk simbol hati. Ada kisah asal muasal simbol ini mulai di gunakan, yaitu ketika sepasang angsa saling menyukai satu sama lain nya mereka akan saling mendekat kan kepala mereka satu sama lain dan saling menunduk bertemu di tengah danau, sehingga terlihat seperti membentuk simbol hati.

Tapi menurut ahli sejarah, pada masa yunani kuno, bentuk hati ini sebenarnya adalah penggambaran pinggul wanita yang sangat indah yaitu milik dewi aphrodite, mereka bahkan membangun kuil khusus untuk memuja  dewi aphrodite lengkap dengan simbol pinggul yang menyerupai simbol hati di tengah-tengah kuil aphrodite tersebut.

Teori lain juga menyebutkan kalau simbol ini menggambarkan daun ivy yang selalu disertakan dalam guci mereka sewaktu berkunjung ke kuil aphoridte, dan ivy melambangkan dionysus yaitu dewa pembuat wine dan penguasa passion. 


5. SIMBOL MEDIS

http://www.infoanehdunia.com/2017/05/5-makna-tersembunyi-dibalik-simbol.html
Tidak banyak orang yang mengetahuinya, tapi simbol medis yaitu tongkat bersayap yang dililit dua ular ini pertama diadopsi atau di gunakan karena kesalahan, menurut legenda, Dewa Yunani Hermes memiliki tongkat ajaib, disebut Caduceus yang tampak sebagaimana di simbol medis terkini.Caduceus punya kekuatan untuk melawan musuh tapi gak ada hubungannya dengan pengobatan. Hermes sendiri tidak secara spesifik dikaitkan dengan ilmu kedokteran, tapi hermes sendiri lebih sering di kaitkan dengan ilmu kimia atau alkimia , astrologi, metalurgi atau ilmu perlogaman bahkan istilah dari alchemist atau para ahli kimia merujuk kepada anak anak dari hermes.

Ada pun tongkat dengan sepasang ular yang terlilit dan dua sayap di ujung nya konon berasal dari legenda ketika hermes sedang berjalan dan dia melihat sepasang ular yang sedang ribut dan berkelahi one by one. Dan kemudian hermes pun mengambil tongkat nya dan memisahkan kedua ular itu dan dari situlah muncul simbol tongkat dengan sepasang ular yang melilit nya.

Sebenarnya dalam perkembangan nya ada dua versi simbol medis untuk yang pertama yang sebelum nya di jelaskan adalah simbol tongkat hermes atau nama lain nya the karykeion of hermes dan versi yang kedua adalah simbol dimana seekor ular melilit sebatang tongkat yang di sebut sebagai tongkat asclepius atau the staff of asclepius.

Kenapa ular di gunakan sebagai simbol dalam bidang medis ? Karena ular adalah hewan yang mempunyai kemampuan untuk berganti kulit setelah period waktu tertentu dan hal ini sering dikaitkan dengan kehidupan atau kesembuhan yang baru dan bisa ular pun mampu berfungsi sebagai racun namun di satu waktu bisa juga berfungsi untuk mengobati layaknya obat obatan pada saat ini yang bisa berfungsi untuk menyembuhkan namun jg bisa menjadi racun. Ular juga melambangkan sifat seorang dokter yang bekerja dengan kehidupan dan kematian.

Nah lalu bagaimana dengan pemilihan tongkat yang jg menjadi bagian dari simbol ? Ada beberapa pendapat yang di kemukakan, Tongkat sendiri merupakan simbol kemandirian seorang asclepius asclepius sendiri adalah seorang ilmuwan dan dokter dari yunani yang hidup pada tahun 1200 SM, asclepius di juluki sebagai god of healing atau dewa penyembuh. Tongkat juga bisa berarti penopang pada saat seseorang sedang menderita suatu penyakit secara bersamaan ular dan tongkat merupakan lambang profesionalisme dan kemandirian seorang dokter.

Lambang kedokteran versi hermes pertama kali digunakan pada tahun 1902 oleh korps kesehatan militer Amerika serikat, dan sejak saat itu lah anggapan bahwa penggunaan simbol tongkat hermes sama dengan tongkat asclepius dan menjadi sering digunakan secara rancu sebagai lambang kesehatan dan belakangan kerancuan ini dikaji kembali lalu kemudian di putuskan bahwasanya lambang kedokteran yang benar adalah tongkat ular asclepius bukannya tongkat hermes.

Tapi pada praktiknya masih banyak organisasi kesehatan yang menggunakan tongkat hermes sebagai simbol nya. Sebuah riset yang dilakukan oleh Friedlanders pada tahun 1992 mengemukakan bahwa lembaga-lembaga kesehatan profesional lebih memilih menggunakan tongkat Asclepius sebagai lambangnya 62%, sedangkan lembaga-lembaga kesehatan komersial lebih memilih menggunakan tongkat Hermes sebagai lambangnya 76%.

Beberapa organisasi yang menggunakan tongkat Asclepius sebagai lambang antara lain Canadian Medical Association (CMA) World Health Organization atau yang lebih di kenal  (WHO), dan Medical Council of New Zealand.


Adapun organisasi yang menggunakan tongkat Hermes sebagai lambangnya antara lain Medcorp dan IUPS. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa tongkat Hermes adalah bagian dari Paganisme. Sedangkan di Indonesia sendiri, berbagai organisasi kesehatan yang ada menggunakan tongkat Asclepius sebagai bagian dari lambangnya, seperti yang terdapat pada lambang IDI atau ikatan dokter indonesia, IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), Pernefri (Nefrologi), PERDAMI, dan lain-lain. 

Itulah 5 makna tersembunyi dibalik simbol populer, mungkin masih banyak diantara kita yang tidak tau makna simbol tersebut, padahal kita seringkali menjumpai atau bahkan menggunakannya di kehidupan kita sehari-harinya.