5 Paradox Terkenal Yang Dapat Membuat Otak Kita Meledak - Part 1!

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part1.html
Seperti yang kita ketahui, kita atau manusia adalah makhluk yang paling cerdas yang ada di muka bumi ini, sedari kecil kita di berkahi rasa ingin tahu yang tinggi yang mendorong kita untuk berpikir dan semakin cerdas, mungkin kalian ada yang menyenangi teka teki atau riddle untuk melatih kemampuan otak kritis kita, tapi ternyata ada yang lebih sulit dari riddle yaitu paradox. 

Buat yang ga tau apa itu paradox, paradox itu adalah suatu situasi atau kondisi yang muncul dari sejumlah premis , apa itu premis ? premis adalah landasan kesimpulan , atau pemikiran , atau asumsi dari kalimat atau proposisi yang dijadikanj dasar dalam menarik kesimpulan di logika , nah kondisi yang muncul dari sejumlah premis ini diakui kebenarannya tapi bertolak belakang dari suatu pernyataan yang akan menghasilkan suatu konflik atau kontradiksi. Simple nya paradox adalah suatu kondisi atau suatu situasi yang bertentangan dengan akal sehat , tapi sejalan dengan akal sehat , bingung kan ? ya ini lah paradox. Biar lebih paham lagi apa itu paradox, berikut daftar 5 paradox yang terkenal dunia bagian ke 1.

1. Grandfather Paradox

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part1.html
Grandfather Paradox merupakan paradox waktu yang paling terkenal, paradox ini sebagai berikut, paradox ini sebagai berikut : jika kalian dapat kembali ke masa lalu dan membunuh kakek kalian, apa yang bakal terjadi ? mungkin jawaban simple nya biasa aja, ya kakek bakal mati, tapi ternyata jawaban atau akibat dari kondisi tersebut tidak semudah dan sesimple itu, jika kamu membunuh kakek mu otomatis orang tuamu tidak akan pernah terlahir di dunia, dan itu juga berarti kamu juga tidak akan pernah terlahir atau ada di dunia, dan itu juga berarti kamu juga tidak akan pernah membunuh kakek mu, bagaimana bisa terjadi kondisi kamu membunuh kakek mu, sedangkan karena kamu membunuh kakek mu, kamu tidak pernah terlahir atau tidak pernah ada, Paradox!.

2. Barbershop Paradox

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part1.html
Disuatu kerajaan hanya terdapat satu tukang cukur rambut dan didaerah itu terdapat aturan-aturan yang harus di taati mengenai peraturan mencukur rambut, peraturannya yaitu : (1) semua warga harus mencukur rambut nya (2) semua warga tidak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain (3) semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur (4) tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri.  Riddle nya siapa yang mencukur rambut si tukang cukur ? mengingat aturan ke-2 tukang cukur tidak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain, aturan ke-3 mengatakan kalo tukang cukur harus mencukur rambutnya di tukang cukur, yaitu dirinya sendiri, sedangkan cuma dia satu-satunya tukang cukur di kerajaan itu, kalo dia mencukur rambutnya sendiri berarti dia telah melanggar aturan ke-4 yaitu tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri, lalu siapakah yang mencukur rambut si tukang cukur tersebut?  sedangkan aturan ke-1 mengatakan semua warga harus termasuk tukang cukur harus mencukur rambutnya.

3. Unstoppable Force Paradox

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part1.html
Paradox ini dikenal juga dengan sebutan shield & spear paradox, paradox ini juga cukup terkenal. Riddle nya adalah apa yang terjadi ketika sebuah benda bergerak yang tidak bisa berhenti bertemu dengan sebuah benda yang tidak bisa digerakkan sama sekali ? apakah ke-2 benda tersebut berhenti ? ataukah ke-2 benda tersebut bergerak ? atau juga gai dari ke-2 benda tersebut saling tertukar ?.

4. The Omnipotence Paradox

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part1.html
Paradox ini adalah paradox yang cukup mengerikan dan yang paling kontroversional dan mesti kuat-kuat iman kalo bertemu dengan riddle paradox ini, riddle nya adalah tuhan itu kan maha kuasa, apapun ia bisa lakukan, dan tuhan ciptakan tanpa batasan atau unlimited force, pertanyaan bisakah tuhan yang maha kuasa menciptakan sebuah batu yang sangat berat yang sampai tuhan itu sendiri pun tidak bisa mengangkat nya ? paradox ini adalah paradox yang biasa digunakan oleh para atheis untuk berdebat dengan para theis (atau orang yang percaya dengan adanya tuhan)  dengan tujuan membuat bingung dan membelokkan keyakinan orang tersebut. 

Ironinya karena penemu paradox ini adalah seorang filsafat agamawan yaitu averreos atau yang biasa dikenal ibnu rushd. dua premise penting dalam paradox ini, bisakah tuhan menciptakan batu tersebut ? karena tuhan maha kuasa tentu saja bisa, tapi kalo tuhan bisa menciptakan batu tersebut dan tidak bisa diangkat, justru menunjukkan ada yang tidak bisa dilakukan tuhan dan sekaligus mematahkan premise yang pertama sekaligus kemaha kuasaan. paradox ini jawabannya tidak akan bisa ditemukan di dalam logika kita karena tuhan sendiri ada di luar jangkauan logika kita atau diluar dimensi manusia itu sendiri.

5. Sexual Paradox

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part1.html
Paradox ini lebih rumit lagi, contoh dari paradox ini, budi kembali ke masa lalu ketika ibunya masih gadis atau perawan ting-ting, kemudian si budi jatuh cinta, dan akhirnya menikahi ibunya yang masih gadis itu dan kemudia mereka mempunyai anak, si budi sendiri kah anak itu ? atau mungkinkah si budi mengayahi dirinya sendiri ? tentang paradox ini referensinya bisa kalian tontong di film Back To The Future, dimana marty kembali ke masa lalu dan bertemu ibunya dan kemudian jatuh cinta kepadanya. 

Contoh sexual paradox yang lebih aneh lagi sebuah novel yang berjudul Janoz Equation Karya Jess Spruill, yang bercerita tentang seorang ilmuwan yang bertemu dengan seorang gadis yang cantik jelita, kemudia mereka pun saling jatuh cinta, dan lalu akhirnya menikah, tapi setelah beberapa lama ternyata ilmuwan itu mengetahui kalo gadis yang ia jadikan istri itu adalah seorang transgender, yang ternyata mempunyai kelamin ganda yang dulunya adalah seorang laki-laki tapi ternyata diketahui lagi kalo istrinya ilmuwan ini adalah ilmuwan itu sendiri yang datang dari masa depan dan berganti kelamin ini artinya ia melakukan hubungan seks dengan dirinya sendiri, yang jadi tanda tanya, bagaimana cerita nya kalo mereka akhirnya mempunyai anak ? dan misalkan si anak ini kembali ke masa lalu dan menjadi ilmuwan itu sendiri, dan memulai semuanya lagi, yaitu ilmuwan kembali ke masa lalu dan bertemu dengan gadis yang ternyata adalah dirinya yang berganti kelamin. jadi sang ilmuwan itu sendiri berperan sebagai ayah, ibu, dan anak dari dirinya sendiri, premise paradox ini referensi nya bisa kalian lihat di film PREDESTINATION.

Itulah 5 paradox yang terkenal di dunia bagian ke 1, berdasarkan paradox tersebut telah terlihat keterbatasan akal manusia, masih banyak hal-hal yang belum terjawab dan tidak akan pernah terjawab oleh akal manusia, jangan lah kita terlalu memikirkan hal tersebut, informasi ini hanya sebatas pengetahuan untuk menambah wawasan, semoga bermanfaat.