5 Paradox Terkenal Yang Dapat Membuat Otak Kita Meledak - Part 3!

http://infoanehdunia.blogspot.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part3.html
Paradox, kata ini mungkin sering kalian dengar dan tidak banyak yang tau persis apa itu paradox apalagi untuk mencari kesimpulan pembenaran sebuah paradox. Karena memang paradox sepertinya muncul tidak untuk dipecahkan, karena sekeras apapun pemikiran kita malah yang ada kita terjebak kedalam lingkaran setan pemikiran yang salah dan dipaksakan. Buat yang belum tau apa itu paradox. Paradoks adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yg dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; (1) dasar pemikiran atau alasan; (2) asumsi; (3) kalimat atau proposisi yg dijadikan dasar penarikan kesimpulan dalam logika kita) yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi. Sebuah 'paradoks adalah sebuah pernyataan yang betul atau sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi. Biasanya, baik pernyataan dalam pertanyaan tidak termasuk kontradiksi, hasil yang membingungkan bukan sebuah kontradiksi, atau "premis"nya tidak sepenuhnya betul Biar lebih jelas apa itu paradox, berikut daftar 5 paradox terkenal bagian ke 3.

1. Paradox Pencuri

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part3.html
Codet adalah seorang penculik spesialis anak-anak suatu hari si codet menculik seorang anak kemudian codet menelpon ayah dari anak itu dan memberikan riddle atau tebak tebak kan kepada nya jika ayah anak itu bisa menebak apa yang akan di lakukan si codet kepada anak itu maka si codet akan mengembalikan anak itu kepada ayah nya. Sang ayah kemudian menebak bahwa codet sang penculik tidak akan mengembalikan anak nya dan paradox di mulai disini. Kalau codet tidak mengembalikan anak itu artinya tebakan sang ayah benar. Dan jika tebakan sang ayah benar maka codet harus mengembalikan anak itu, tapi jika codet mengembalikan anak itu, maka tebakan sang ayah jadi salah. Dan jika tebakan sang ayah salah maka codet tidak harus mengembalikan anak itu. Tapi jika si codet tidak mengembalikan anak itu maka tebakan sang ayah benar. Jika tebakan sang ayah benar, maka codet harus mengembalikan anak itu ke ayah nya. Dan begitu seterusnya, sampai si codet bingung apa yang mesti dilakukan , dan menyesal memberikan tebak-tebakan.

2. Paradox Burung Gagak

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part3.html
Paradox gagak atau biasa di sebut Paradoks Hampel Adalah "Problem pembuktian induktif." Sebanyak apa bukti pendukung yang diperlukan untuk membuktikan suatu hipotesis itu benar? Bagaimana jika suatu hipotesis memiliki bukti sebanyak tak terhingga? Seorang Filsuf berkebangsaan jerman, Carl Gustav Hempel pernah menerbitkan essay berjudul “Studies in the Logic of Confirmation” (hampel: 1945) yang menujukkan adanya paradoks pada metode penelitian ilmiah yang menggunakan penalaran induktif. Paradoks tersebut dinamakan Paradoks burung Gagak atau disebut juga Paradoks Hempel. Misalkan kita mempunyai hipotesis: "Semua gagak berwarna hitam." Pernyataan diatas sebenarnya adalah bentuk implikatif: “Jika A maka B”
(1) "Jika gagak maka berwarna hitam."
Sesuai hukum Logika pernyataan implikatif diatas ekuivalen dengan kontrapositif-nya:
(2) ”Jika bukan gagak maka tidak berwarna hitam”.
Ekuivalen atau sama juga dengan.
(3) "Jika tidak berwarna hitam maka bukan gagak."
Karena pernyataan diatas semuanya ekuivalen atau sami mawon, Artinya bukti-bukti untuk pernyataan (3) juga merupakan bukti-bukti untuk pernyataan (1). Awan berwarna putih. Langit berwarna biru. Jeruk berwarna orange. Rumput berwarna hijau. Pisang berwarna Kuning. Dan seterusnya. Merupakan bukti-bukti untuk pernyataan (3). Dengan kata lain putihnya awan, birunya langit, orangenya jeruk, dan kuningnya pisang dapat dijadikan bukti-bukti bahwa semua gagak berwarna hitam.Tidak masuk akal. kalau seperti ini bisa ada bukti yang tidak terhingga yang menyatakan bahwa gagak berwarna hitam ? Paradoks hempel menunjukkan kita dapat menggunakan bukti-bukti yang sama sekali tidak ada dan hubungannya dengan hipotesisdan valid secara logika.Sebagai catatan burung gagak putih itu ada,dan sekali lagi sebuah hipotesis tidak dapat dibuktikan benarsebanyak apapun bukti yang mendukungnya.

3. Monty Hall Paradox

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part3.html
Monty Hall problems adalah sebuah riddle yang melibatkan probabilitas dan berasal dari sebuah game show amerika yang berjudul let's make deal dan acara serupa yang di adopsi di indonesia adalah super deal 2 milyar. Judul paradox nya sendiri yaitu monty hall berasal dari pembawa acara let'smake deal. Paradox monty hall adalah paradox yang dalam artian penyelesaian masalah atau tebakan tersebut berlawanan dengan intuisi seseorang. Dan pernyataan yang terkenal dari masalah paradox monty hall ini di angkat atau di publikasikan di majalah parade oleh whitaker pada tahun 1990. Dan berikut riddle paradox yang di angkat di majalah tersebut. "Apabila anda berada dalam suatu acara kuis di TV dan diberikan pilihan untuk memilih salah satu dari 3 pintu. Di belakang salah satu pintu terdapat mobil sementara 2 pintu yang lainnya terdapat kambing Misalkan kamu memilih pintu No. 1, pembawa acara yang tahu apa isi di balik pintu tersebut akan mengatakan untuk membuka pintu No. 3 yang mana berisi kambing Kemudian pembawa acara tersebut berkata kepada anda "Apakah anda ingin memilih pintu No. 2 ?"Pertanyaannya adalah apakah mengalihkan pilihan anda ke pintu No. 2 merupakan pilihan yang tepat ? Atau tetap berpegang teguh pada pendirian yaitu pintu No. 1 juga pilihan yang tepat? Masalahnya adalah ke-3 pintu tersebut sama-sama memiliki peluang 1:2 karena salah satu pintu telah dibuka. Dan bagaimana jika isi dari masing-masing pintu tersebut bisa diganti ?.

4. Paradox Kepastian

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part3.html
Si cuplas berkata "Di Dunia ini tidak ada hal yang pasti". Dan kemudian si cuplis menyahut "memangnya lu yakin kalo di dunia ini tidak ada yang pasti ? Kemudian cuplas menjawab "iyalah, gw yakin banget kalo didunia ini tidak ada yang pasti! " Kemudian munculah paradox dari pernyataan si cuplas Dengan pernyataan si cuplas itu artinya si cuplas sudah menentang pernyataan nya sendiri dengan memastikan dan meyakini kalau di dunia ini tidak ada kepastian Berarti si cuplas yakin adalah hal pasti kalau di dunia ini tidak ada hal yang pasti, sedangkan kepastian yang dia yakini tidak ada, pasti ada, kalo begitu kepastian itu berarti ada lewat pernyataan nya sendiri. Dan kalo dia setuju dengan pernyataan pasti tidak ada yang pasti, berarti dia setuju ada hal yang pasti tapi dia pasti tidak setuju kalau ada hal yang pasti. Terus sebenarnya apakah di dunia ini ada kepastian jika kepastian itu sendiri bersifat tidak pasti ? dan ketidak pastian itu sendiri di yakini atas nama kepastian ? pusing ya ? sama.

5. Paradox Kebebasan

http://www.infoanehdunia.com/2017/04/5-paradox-terkenal-part3.html
Di suatu tempat, ada aturan yang mengatakan "Setiap orang bebas untuk melakukan apapun" Dan Riddle nya "apa yang terjadi jika ada seseorang yang menghapus peraturan tersebut dan mengganti nya dengan peraturan yang setiap orang tidak bisa melakukan apapun" ? Jadi sebenarnya kebebasan itu ada atau tidak ? apa esensi dari kebebasan yang dimuat dalam peraturan tersebut ?.

Itulah daftar 5 paradox terkenal bagian ke 3. Pembahasan mengenai paradox memang hal yang membingungkan tapi ada pelajaran berharga yang bisa kita petik dari fenomena paradox Bahwasanya di dunia ini tidak ada yang mutlak kebenaran bisa menjadi kesalahan secara sekaligus tidak ada kebenaran mutlak , dan tidak ada kesalahan mutlak maka dari itu , dalam mengarungi kehidupan ini. Kita mesti lebih bijaksana dan tidak menghitam putihkan segala sesuatu.